Shadow Teacher Diaries (part 1)
Gue udah jadi shadow teacher kurang lebih 7 bulan di kelas1 SD. Anak berkebutuhan khusus yang gue dampingi mengalami retardasi mental dan gangguan konsentrasi. Retardasi mental itu kondisi saat seseorang memiliki umur mental yang berada jauh di bawah umur dia yang sebenernya, IQ nya kurang dari 70 gitu deh. Sementara untuk orang normal IQ berkisar antara 90-110. Gangguan konsentrasi sendiri bikin siswa itu sulit banget konsentrasinya. Dia bisa cepet banget teralihkan perhatiannya dan ga bisa fokus lama-lama.
Awal mula gue jadi shadow karena ada tawaran, kebetulan gue waktu itu semester 7. Kuliah juga tinggal 1 mata kuliah dan nyambi skripsi, ya udah deh gue terima aja tawaran jadi shadow. Gue tahu gangguan yang dialami anak itu setelah gue ketemu langsung. Kasian deh ga dikasih tahu sejak awal, gue jadi kurang persiapan awalnya :(
Adaptasi sama anaknya mulus karena gue emang suka sama anak-anak. Observasi awal keadaan anaknya beneran bikin kaget. Buat lingkaran aja ga bisa, apalagi berhitung dan alfabet sama sekali ga bisa. Perilaku dia juga parah, maklum kelas dia banyak anak yang aktif jadi dia modeling dari mereka. Siswaku itu suka lari-larian di kelas, mukul teman, ngeludah, dan gangguin temannya. Gue harus ekstra ngeluarin tenaga dan kesabaran buat ngehadepin dia.
Kegiatan setiap pagi sebelum masuk ke kelas ada doa pagi di lapangan sama guru juga. Setiap doa gue harus ada di samping dia terus buat ngejaga dia ga pukul-pukulan sama temennya atau dia nyakar temannya. Untung aja waktu itu ada anak magang di SD itu, jadi gue ga ngerasa aneh berdiri sendirian di situ dengan status cuma guru pendamping :)
Selama ini gue dampingin dia dengan duduk di sebelahnya. Berasa kayak ngulang sekolah lagi kan :D . Mana mereka kelas 1 SD yang masih kecil-kecil banget, hehe.
2 minggu dampingi dia selesai. Lumayan perilakunya agak sedikit terkendali. Masuk minggu ke 3 beneran hell banget. Gue ditendangin, dipukulin tiap hati T_T . Guru-guru yang liat gue selalu kasi simpati sama semangat biar gue tetap sabar.
Tiap pagi berangkat sekolah berasa bakalan mau perang aja. Apalagi dia cowo, walau cuma anak kelas 1 SD, tapi tendangan sama pukulannya lumayan juga. Minggu ke 3 sama ke 4 belum ada tanda-tanda dia bakalan nyerah dan patuh ke gue. Kepikiran buat berhenti? Oh, itu setiap hari. Tantangannya ga cuma sama anak yang gue dampingin, tapi juga gimana naklukin teman-temannya yang bikin gue harus tambah sabar.
Minggu ke 5 mulailah ada tanda-tanda bendera putih berkibar. Bukan karena dia takluk ke gue, tapi karena dia sering dibully teman-temannya. Satu-satunya orang dewasa yang bisa dia minta tolong kalo ada yang bully. Yeah, rasanya kaya ngedapet hidayah apa gitu dia bisa deket juga ga mukul. Saatnya kasi treatment biar dia punya perilaku yang lebih baik :)
Setelah beberapa minggu, dia jadi bisa duduk anteng kalo kata guru kelasnya meski gue ga berangkat gara-gara sakit atau kuliah. Seneng deh rasanya :)
Kembali ke kemampuan kognitif. Buat abk, untuk nyelesaiin tugas dari guru itu susaaahhh bangeettt. Jadi kalo dia bisa selesai semuanya walau cuma tugas yang sederhana banget, bagi gue udah jadi reward banget deh. Dan hal itu jarang terjadi :(
Awalnya dia nulis dengan nebelin titik-titik yang gue buat, dan tulisannya sama sekali ga berbentuk. Lama kelamaan dia bisa bikin huruf sendiri dari contoh, tapi gue harus kasi contoh dia gimana cara bikin huruf itu satu persatu tiap langkahnya. Tulisan dia gede-gedeee banget. Jadi sekalinya nulis bikin penuh satu halaman.
Perkembangan sekarang dia bisa bikin huruf sendiri, cuma beneran harus super sabar deh. Sering banget dia gue minta bikin huruf apa yang dia bikin malah huruf lain. Contoh :
Gue "Ayo tulis huruf a."
Dia nulis huruf n.
Gue tanya "kamu tahu ini huruf apa?".
Dia "n".
Gue "tadi disuruh buat huruf apa?"
Dia "a"
Gue (-__-)
Dan kejadian itu sering banget terjadi. Dia baru bisa bikin huruf yang bener setelah 3 ato 4 kali bikin. Kadang dikasi contoh huruf aja dia bisa nulis huruf yang lain.
Gangguan konsentrasi yang juga bikin ngehambat dia belajar, misal dia nulis bisa sambil ngeliat ke arah lain. Jadi kalo pas mewaraiin, bisa kemana-mana deh warnannya, kan liatnya ga ke kertas tapi ke arah lain yang lebih menarik baut dia. Manggil dia juga bikin haus. Dia suka ga noleh kalo dipanggil, jadi sering deh gue narik perhatian dia dengan manggil dia "paijo"
(^_^)v Dan lumayan berhasil
Next time gue kasih tahu kata ajaib buat anak-anak, yeah nex time :)
Menarik juga tulisannya kak. Kebetulan saya ada tawaran untuk jadi guru pendamping dan bisa langsung interview. Tapi rasanya harus bener2 nyiapin extra mental dan sabar yah kak...
BalasHapusKalau jadi shadow teacher emang dibutuhin ekstra sabar sama ikhlas :)
HapusTapi kamu bakalan dapet banyak ilmu juga
keren banget, saya salut sama shadow teacher. kebetulan di sekolahku ada beberapa shadow teacher juga. oya mba, untuk jadi shadow harus dari yayasan atau lembaga gtu ya?atau langsng individu permintaan ortu?
BalasHapusSebagai shadow sebenernya secara independent saja, tidak harus dari tempat terapi, atau yayasan. Ketika guru merasa siswa yang khusus perlu pendamping lalu disampaikan ke orang tua, orang tua sejutu untuk memggunakan shadow teacher lalu sekolah sendiri yang mencarikan.
HapusKa, lanjutin dong ceritanya.. Seru bacanya, aku juga dapat tawaran jadi shadow teacher, pengalaman kakak bikin aku jadi semangat untuk mempersiapkan diri aku saat jadi shadow teacher nanti
BalasHapuscerita dong kak, tentang kondisi psikis yang dialami kakak selama jadi shadow teacher. apakah kakak juga pernah mengalami psikosomatis? serta hal apa yang biasa kakak lakukan untuk mengatasi semua masalah-masalah tersebut. heheh terima kasih
BalasHapus