Apa itu shadow teacher?

Hasil gambar untuk shadow teacher

Shadow teacher adalah guru pendamping pada anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah umum. Sekolah umum yang menerima anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan disana disebut sekolah inklusi. Sekolah inklusi sendiri masih bisa dibilang jarang di Indonesia. Sekolah terkadang merasa kesulitan jika harus menerima siswa khusus tersebut. Disinilah peran shadow teacher dibutuhkan.

Shadow teacher mungkin  masih belum familiar bagi sebagian orang.
Shadow teacher atau kadang hanya disebut dengan shadow memiliki peran penting dalam proses belajar anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inklusi. Berbeda dengan guru kelas, pendampingan pada abk hanya berfokus pada seorang siswa abk yang didampingi serta perannya tidak hanya seputar pelajaran di dalam kelas, tetapi juga keterampilan sosial yang lain. Seperti jika siswa dampingannya belum dapat melakukan toilet training, Shadow juga membantu siswa belajar toilet training.

Hambatan interaksi sosial juga perlu menjadi sorotan tersendiri bagi dalam melakukan shadow. Siswa lain sering melihat siswa dengan pendamping sebagai siswa aneh karena masih saja ditemani. Sifat abk yang cenderung tidak umum juga sering menjadi faktor bullying yang dilakukan oleh temen sekelasnya. Peran wali kelas dalam hal ini sangat diperlukan. Siswa lain perlu diberi pemahaman mengenai kondisi temannya tersebut sehingga memerlukan guru yang hanya mengajarinya. Penerimaan oleh teman sangat membantu abk agar dapat mengikuti pelajaran dengan lebih baik.

Sebagai shadow teacher pada awalnya belum tentu mudah. Setiap siswa abk sama seperti halnya orang pada umumnya dapat suka pada seseorang maupun tidak. Adaptasi bagi shadow dengan siswa dampingannya sangatlah penting. Dengan begitu akan terbentuk raport yang lebih baik dan mempermudah pendampingan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Auto anamnesa dan Alo anamnesa

TEORI ATRIBUSI (1) : Teori Atribusi Harrold Kelley