Tips Menyelesaikan Skripsi

Buat mahasiswa akhir pasti sudah akrab dengan skripsi. Tugas akhir ini sering kali  jadi momok yang menakutkan tidak hanya bagi mahasiswa akhir namun juga mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah skripsi ini.
Skripsi bisa dibilang gampang-gampang susah. Tugas kuliah yang satu ini juga ada beberapa cara biar skripsi kalian ga molor selesainya. Check this out

1. Skripsi itu ga susah, tapi juga ga boleh ngegampangangin

Hasil gambar untuk graduationYups, pengalaman selama ngerjain skripsi bisa dibilang sebenernya ga susah. Kendala ngerjain skripsi sendiri biasanya ya dari faktor internal atau diri sendiri. Sering kali mahasiswa akripai terlena dengan waktu luang yang ga ada batasnya. Mikir skripsi bisa dikerjain nanti-nanti, yang ada kelewat nanti baru sadar deh skripsi belum kelar pas liat temen sendiri pakai toga.


Hasil gambar untuk belajar 2. Bukan pintar, tapi ulet

Kebukti dari temen-temen yang bisa selesai skripsi bukan karena mereka pintar tapi rajin dan ga gampang nyerah. Ngerjain bab 2 teori ga ketemu-ketemu tetep rajin nyari. Sabar nunggu dosen buat bimbingan. Rajin stor muka buat bimbingan, trus habis bimbingan langsung deh revisi dikerjain. Semua kerja keras bakalan terbayar nantinya.



Hasil gambar untuk belajar komputer 3. Ga cuma dipikirin, tapi dikerjain

Ini juga masalah yang palinh sering dilakuin sama mahasiswa skripsian. Mikir konsep keren-keren, ide bertebaran dimana-mana, tapi semua itu cuma ada dikepala aja. Padahal jelas banhet skripsi harus ada bukti di atas kertas. So, masa dosen harus pake telepati buat tahu ide kita. Makanya skripsi harus ada kerja nyata, alias ketikan nyata di word.


4. Sempurna itu hanya milik Allah,  tapi hak nyempurnain skripsi kita ada di dosen

Buat mahasiswa perfeksionis, salut deh sama ide-ide kalian dan kerja kalian yang rapi banget. Cuma ga bisa dipungkiri, keinginan buat jadi yang terbaik sering bikin ganjalan selama ngerjain skropsi. Rasa takut kalau ada yang kurang bikin mahasiswa perfeksionis tambah lama ngerjain skripsi. Semua diteliti sendiri sebelum dikasi ke dosen. Padahal sudut pandang kita terkadang berbeda dari dosen, jadi serahin aja ke dosen agar beliau bantu kita ngasi pendapat buat skripsinya. Dosen pembimbingan lebih tahu bagaimana soal skripsi dan masalah yang kita teliti. Beliau dengan pengalaman dan pengetahuannya pasti ga pelit buat bagi ilmu. Jadi rajin-rajinlah bimbingan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Auto anamnesa dan Alo anamnesa

TEORI ATRIBUSI (1) : Teori Atribusi Harrold Kelley