Pacsa wisuda

Hasil gambar untuk graduation

Siapa bilang lulus kuliah itu enak. Perayaannya cuma pas wisuda aja. Nyatanya, setelah perayaan itu selesai lulus sebagian orang pasti bingung mau kerja kemana. Tenpat yang sering dicari untuk nyari pekerjaan adalah jobfair. Di jobfair ini ada banyak perusahaan yang menawarkan berbagai pekerjaan. Tapi ga selalu pekerjaan itu sesuai dengan peminatan maupun basic pendidikan kita.

Pengalaman gue ke jobfair ga tau mau bilang apa. Pertama kali dateng ke job fair rasanya bingung. Jobfair ternyata rame banget. Serasa jobfair itu tempat survey pengangguran. Sebegitu banyaknya orang yang datang dan semua nyari pekerjaan.

Jobfair yang gue datengin ini gratis. Disnakertrans provinsi yang  ngadain. Untung aja sudah ambil di kantornya form jobfairnya. Jadi begitu sampe di venue tinggal ngelamar aja. Sebenernya gue sama temen yang sama-sama hilang mood sampai di situ. Ga tau kenapa. Kita asal masukin aja. Sekarang sangat berharap lamaran itu ga keterima. Seriusan.

Sering kali kualifikasi lowongan kerja tidak welcome untuk fresh graduate. Sebagian besar menyaratkan adanya pengalaman. Padahal sebagai fresh graduate, gue butuh kesempatan. Selain pengalaman, banyak juga tututan kerja yang ga didapet selama perkuliahan. Beruntunglah jika perusahaan mau ngasih training. Tapi sering perusahaan ogah ngasih training untuk ngirit budget, sehingga muncullah syarat punya pengalaman.

Sebagian besar peserta jobfair adalah fresh graduate dari S1. Ironi memang. Lulus S1 seakan-alan hanya untuk nyetak pengangguran baru saja. Inilah bukti bahwa kegiatan berwirausaha masih belum diminati.

Gue sebagai salah satu fresh graduate yang dengan sadar menjadi pengangguran sementara ini merasakan kegalauan. Sampai berapa lama unemploye ini akan bertahan. Gue juga ga gitu aja pasrah sama keadaan. Tujuan ngelamar pekerjaan juga sebagai rutinitas aja setelah lulus. Keinginan terbesar tetap jadi wirausaha. Buat gue, berwirausaha itu bukan hanya bisa ngasih penghasilan sendiri, tapi juga bisa bermanfaat untuk orang lain.
Harapan gue, semoga jalan yang terbaiklah yang akan dijalani. Jalan yang bisa lebih ngasih manfaat untuk orang lain. Yeah, hope it.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Auto anamnesa dan Alo anamnesa

TEORI ATRIBUSI (1) : Teori Atribusi Harrold Kelley