Cara atasi sulit tidur


Tubuh kita setelah seharian beraktivitas pasti akan merasa lelah. Rasa lelah ini dapat dihilangkan dengan istirahat. Tidur merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi segar kembali. Waktu tidur yang paling utama bagi seseorang yaitu dimalam hari. Setidaknya setiap orang butuh 8 jam untuk tidur dalam sehari.

Tidur bisa dikatakan bukan hal yang sulit bagi sebagian orang, namun bagi yang mengalami masalah tidur, untuk tertidur adalah hal yang sulit. Kesulitan tidur malam atau sering disebut dengan insomnia kini banyak dialami oleh orang-orang.
Tubuh sulit untuk tidur, padahal tidur merupakan hal yang penting. Pagi hari tiba, orang tersebut merasa sangat lelah dan aktivitas dapat terganggu.
Jika mengalami masalah tidur, hal-hal berikut dapat dicoba agar bisa tidur dengan lebih cepat.
1. Jauhi gadget
Masih suka tidur dengan hp atau gadget di dekat kamu? Buanglah kebiasaan tersebut. Apalagi kini banyak media sosial yang menjadi bagian dari keseharian seseorang. Aktifitas melihat sosmed membuat mu menjadi adiksi. Tidak melihat gadget sebentar saja rasanya sudah penasaran. Belum lagi saat notification tertera pada layar gadget, pasti segera memeriksanya. Kebiasaan-kebiasaan ini yang membuat orang sulit tidur. Usahakan jauhkan gadget dari anda saat tidur, sehingga otak kamu tak perlu repot memikirkan apa yang mungkin terjadi di sosmed.
2. Kondisi yang nyaman
Panas, gerah, pengap, dan lain sebagainya mengenai kondiri kamar kamu yang membuat tidak nyaman. Rapikan kamar, sesuaikan dengan hal yang membuat kamu nyaman. Jangan lupa pakai pakaian yang nyaman juga saat tidur, agar tidur lebih pulas. Jika kamu bisa tidur di tempat yang gelap, maka matikan lampu jauh lebih baik. Dengan begitu, mata akan lebih beristirahat dan memudahkan kita untuk tidur.
3. Susu hangat
Kebiasaan minum susu sebelum tidur tidak hanya berlaku bagi anak-anak saja lho. Susu bisa membuat tunuh menjadi lebih rileks, sehingga lebih mudah ngantuk. Susu hangat lebih cocok untuk membuat ngantuk. Tapi bagi yang alergi susu, saran ini pastinya tidak dapat dicoba ya
4. Lagu slow
Mendengarkan lagu juga bisa membuat orang ngantuk. Lagu yabg biasa dipakai lagu dengan tempo lambat atau slow. Jenis lagunya pun tidak terbatas, namun lebih banyak memakai musik klasik atau istrumen. Jika kamu mau pakai lagu pop atau sebagainya juga boleh. Yang perlu diperhatikan adalah tema lagu. Jangan lagu-lagu yang bikin galau. Nanti bukan hanya susah tidur, kamu juga bakalan jadi susah move on juga.
5. Baca buku ngebosenin
Cara terakhir ini cukup ampuh. Buku ngebosenin, kaya buku pelajaran atau kuliah sering bikin ngantuk. Efek ngantuknya juga cepet, tidak sampe sehalaman sudah nguap. Jadi buat yang susah tidur, siapin aja buku-buku yang sering bikin kalian ngantuk, malas bacanya, dan sama sekali tidak menarik. Buku-buku yang minimalisir dibaca ini bisa jadi sangat bermanfaat saat kalian insomnia.
Selamat mencoba -,-zzZZZ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Auto anamnesa dan Alo anamnesa

TEORI ATRIBUSI (1) : Teori Atribusi Harrold Kelley