Pisang goreng gurih

Siapa yang tak kenal gorengan yang satu ini. Pisang goreng. Sebagai orang Indonesia, makanan yang satu ini pasti pernah dicoba. Penganan berbahan dasar pisang ini paling nikmat menjadi teman minum teh maupun kopi. Apalagi disajikan saat hangat-hangat. Rasanya sangat sedap.


Sesuai namanya, pisang goreng dibuat dengan cara digoreng dengan adonan tepung terigu yang telah dicairkan dengan air. Namun, masih ada cara memasak pisang goreng dengan adonan yang lebih gurih. Berikut cara pembuatannya

Siapkan bahan berupa pisang kepok atau pisang raja. Jenis pisang ini yang paling enak untuk digoreng. Pisangnya pun dipilih yang tidak terlalu matang, jadi masih memiliki tekstur keras. Pisang yang telah dikupas pun, diiris menjadi dua namun dengan salah saru ujung masi menyatu. Jika ingin terlihat lebih lebar, bisa diberi irisan lebih.

Kunci dalam pembuatan pisang goreng selain pisangnya yaitu adonan tepung itu sendiri. Sering kali orang membuat pisang goreng hanya dengan air sebagai tambahan serta sedikit garam. Padahal ada bahan lain yang akan membuat pisang goreng menjadi lebih gurih, yaitu santan kelapa. Santan sebagai pengganti air biasa akan memberikan rasa lebih gurih dan nikmat. Meskipun memakai santan, garam masih tetap dibutuhkan untuk menguatkan rasa gurihnya.
Pembuatan adonan pisang goreng tidak perlu terlalu cair, lebih baik masih kental agar adonan dapat menutup secara merata.
Goreng pisang hingga matang
Pisang goreng hangat, siap dinikmati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Auto anamnesa dan Alo anamnesa

TEORI ATRIBUSI (1) : Teori Atribusi Harrold Kelley